Minggu, 19 Desember 2010

Minuman yang Mendatangkan Pahala (Part 3)

Siapapun yang mendalami Kitabullah dan Sunnah Rasulullah akan mendapatkan bahwa semua makanan yang disebutkan di sana pasti memiliki rahasia kegunaan yang luar biasa. Tak ada satupun yang mengingkari manfaat dan pentingnya madu sebagai makanan dan obat berbagai penyakit. Tak satupun orang yang menolak urgensi minyak zaitun dalam melindungi diri dari kanker. Juga tak satupun yang mengingkari pentingnya makanan yang disebutkan dalam hadits Rasulullah saw, seperti jintan hitam.

Kini, banyak sekali manfaat yang ditemukan dari susu. Antara lain untuk memperkuat pencegahan kanker tulang dan mencegah gangguan memori. Al quran menyebutkan, “Dan di antara kalian ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kalian yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesutaupun yang dahulunya telah diketahuinya…” (QS. Al Hajj 5). Sedangkan Rasulullah saw mengatakan , “Tidaklah Allah swt menurunkan penyakit kecuali diturunkan pula obat untuk penyakit itu.” Dan Allah menjadikan susu sebagai obat untuk memperkuat memori otak, khususnya bagi kalangan orang tua.

Sekarang kita perhatikan firman Allah swt, “Sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. AN Nahl : 66). Minuman susu member ibrah pada kita untuk dikaji keutamaannya dan bahkan proses pembuatannya. Sapi, kambing, unta dan domba, semuanya diciptakan Allah dengan memiliki organ tubuh yang sangat kompleks untuk pembuatan susu. Dan itu menunjukkan kebesaran Allah swt Yang mencpitakannya. Kita mengatakan, sebagaimana firman Allah swt, “dan katakanlah: Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaranNya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan”. (QS. An Naml : 93)

Khusus untuk bayi, ASI merupakan materi yang unik dan tiada zat alam yang mengimbangi manfaatnya. Oleh karena itu, para peneliti menekankan ASI mengandung antibodi untuk memberikan pencegahan penyakit pada seumur hidup. Mereka menyebutkan, setiap sendok teh ASI setara dengan memberi anak obat yang bisa membunuh 3.000.000 bakteri.

Itu sebabnya para dokter menegaskan agar anak-anak terus meminum ASI sebanyak-banyaknya sampai tahun kedua paska kelahiran. Al Quran menyebutkan, “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (QS. Al Baqarah : 233)

Secara umum, Rasulullah saw telah lebih dahulu mengangkat pentingnya susu. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw bersabda, “Bila ada di antara kalian yang diberi makanan oleh Allah, hendaklah dia mengatakan, Ya Allah berkahilah kami dalam makanan itu, dan berilah rezki yang baik darinya. Dan barangsiapa yang diberikan susu oleh allah, katakanlah, Ya Allah berkahilah kami di dalam susu itu dan berilah tambahan kepada kami dari susu itu”. “Sesungguhnya aku tidak mengetahui ada makanan dan minuman yang diberi pahala mengonsumsinya, kecuali susu” (As Silsilah Ash Shahihah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan dikomentari..