Selasa, 07 Desember 2010

Berapa Tokoh dan Peristiwa dalam Islam yang Kita Kenal?

Karena kita Muslim, maka seharusnya kita tahu tentang banyak hal yang terkait dengan Islam. Tak terkecuali tokoh-tokoh yang telah menggoreskan catatan-catatan indah dalam sejarah Islam, dan juga perisitwa-peristiwa penting yang sudah melahirkan perbedaan dan perubahan pada tatanan dan kemajuan dunia.

Pengetahuan kita tentang itu, mestinya menjadi sesuatu yang niscaya. Sebab dalam setiap upaya kita mewariskan nilai-nilai, ajaran, dan semangat Islam kepada anak-anak kita, rasanya tidak mungkin tanpa menyebut para tokoh dan peristiwa-peristiwa bersejarah dalam Islam. Ketika kita berbicara tentang keshalihan maka ada pelakunya. Ketika kita berbicara perjuangan maka ada pahlawannya. Ketika kita bicara pengetahuan maka ada ulamanya. Ketika kita bicara kemajuan dan teknologi maka ada pelopor dan penemunya. Semua lengkap dengan tokoh-tokohnya, dan juga diikuti dengan banyak sekali peristiwa monumental yang membanggakan sampai kapanpun.

Akan tetapi, seiring dengan semakin meredupnya kebanggaan sebagian umat islam dengan agamanya sendiri, meredup pulalah pengetahuan mereka tentang para tokoh dan prestasi-prestasi besar mereka, dan saat ini mungkin kita juga perlu mengoreksi kembali pengetahuan kita tentang mereka, dengan coba bertanya pada diri sendiri, “Seberapa banyak tokoh dan peristiwa dalam Islam yang kita kenal?”

Tentu petanyaan ini tidaklah berlebihan, sebab pada kenyataannya memang kita sudah tak begitu peduli pada sejarah, khususnya pada tokoh-tokoh Islam; sahabat, tabi’in, tabi’i tabiin, dan seterusnya. Begitu pula dengan banyak peristiwa penting dan menentukan dalam sejarah, mungkin sudah tak banyak yang kita ingat. Sehingga seringkali ada pertanyaan-pertanyaan sederhana yang dialamatkan kepada kita, kita kelabakan menjawabnya. Padahal sejarah dan para tokohnya begitu penting dalam hidup kita, dan dalam urusan agama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan dikomentari..